Senin, 26 Juli 2010

Mata Buntu - Wasuponda

Kecamatan Wasuponda merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Luwu Timur, dengan luas wilayah 1.244 km2, kecamatan yang terletak di sebelah utara ibukota Kabupaten Luwu Timur, Kecamatan Wasuponda berbatasan dengan Propinsi Sulawesi Tengah di sebelah utara, Kecamatan Nuha dan Towuti sebelah timur, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Malili dan Angkona. dan di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Mangkutana dan Angkona. Kecamatan Wasuponda terdiri dari 6 desa/kelurahan yang seluruhnya berstatus desa definitif. Wilayah Kecamatan Wasuponda adalah daerah yang seluruh desanya merupakan wilayah bukan pantai. Secara topografi wilayah Kecamatan Wasuponda daerahnya merupakan daerah berbukit-bukit.
Ada beberapa desa/kelurahan di Kecamatan Wasuponda yaitu Desa Balambano, Tabarano, Ledu-ledu, Wasuponda, Kawata dan Parumpanai.Di kecamatan wasuponda ada sebuah wisata alam yang begitu eksotik, tempat ini begitu indah dan mengagumkan bagi setiap pengunjung yang datang yang dinamakan dengan Mata Buntu. Sebuah wisata air terjun yang terdiri dari belasan tingkat.Keunikan di obyek wisata ini adalah di undakan paling atas pengunjung dapat menemui sebuah batu berbentuk alat kelamin pria yang konon dipercaya dapat membantu bagi pasangan yangbelum dikarunia anak, adapula yang meyakini sebagai tempat mengikat janji bagi pasangan muda – mudi, percaya atau tidak.
Tidak hanya itu masih banyak lagi tempat wisata yang indah yang ada disekitar wasuponda seperti misalnya Pantai Batu Menggoro, Danau Towuti, Danau Matano, Pantai Lemo, Sungai Malili dan banyak lagi. Mereka terbagi di berbagai tempat di Kabupaten Luwu Timur. Seperti Pantai Batu Menggoro.Harapan dapat kita jumpai di Pantai Batu Menggoro dan Pantai Watu Hara. Kawasan ini selalu di padati oleh pengunjung di hari - hari libur. Suasana yang masih asri menjadi andalan bagi wisata keluarga untuk menghampar lesehan menghimpun keceriaan keluarga dari kepenatan rutinitas mereka.


Tidak ada komentar: