Rabu, 08 Desember 2010

Puskesmas Wasuponda Rp1,5 Miliar

Sumber : http://www.antara-sulawesiselatan.com

Sorowako, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, kini memiliki Puskesmas megah berlantai dua bernilai Rp1,5 miliar.

Pembangunan Puskesmas yang sepenuhnya bantuan perusahaan pertambangan nikel PT Inco Tbk, diresmikan penggunaannya oleh Bupati Lutim, Andi Hatta Marakarma, Kamis.

Beberapa puluh tahun lalu, saat saya menjadi camat di Wasuponda, kata Bupati, fasilitas publik seperti kantor camat, puskesmas, sekolah, sarana pendukung pelayanan publik lainnya masih sangat minim dan kurang memadai.

Kini wajah Kecamatan Wasuponda berubah cukup drastis. ?Sekarang sudah berdiri puskesmas megah atas bantuan PT Inco. Saya berharap pelayanan kesehatan sebaik fasilitas gedung yang dibangun ini.

"Jangan sampai lagi saya menerima keluhan warga karena tenaga medis dalam pelayanannya kurang atau tidak sebaik atau semegah gedung puskesmas ini. Saya tidak segan-segan menegur atau menindak PNS yang tidak menghargai pekerjaannya melayani masyarakat,? ujar Bupati.

Pembangunan Puskesmas Wasuponda berlantai dua ini menelan biaya sekitar Rp1,5 miliar yang berasal dari program community development PT Inco.

Pembangunannya dimulai sejak Maret 2009 dan selesai September 2009. Fasilatas puskesmas ini cukup lengkap diantaranya ada ruang pelayanan pasien gawat darurat yang mamadai, ruang pelayanan pemeriksaan kesehatan umum, ruang kerja bagi dokter dan paramedis, ruang labolatorium, ruang pemeriksaan kesehatan anak dan ibu hamil, ruang poli gigi, perpustakaan hingga ruang untuk penyuluhan kesehatan.

"Saya berharap PT Inco juga memberikan ambulans sehingga dapat melayani pasien gawat darurat. Termasuk mengirimkan dokter-dokter ahli dari rumah sakit PT Inco untuk secara reguler melayani masyarakat di puskesmas ini," ujar Bupati.

Namun, Bupati juga mengkritik masyarakat yang mengharapkan pelayanan yang berlebihan.

"Jangan hanya karena pusing-pusing sedikit lalu harus minta dilayani dokter, padahal sebenarnya cukup dilayani oleh tenaga paramedis yang ada. Atau semuanya minta selalu gratis, padahal harus dilihat secara proporsional mana yang dapat ditanggung pemerintah dan mana pula pasien juga harus mau membantu pemerintah agar pelayanan kesehatan dapat berjalan berkesinambungan," ujarnya.

Tokoh masyarakat Wasuponda, Thomas Lasampa menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sumbangan PT Inco dengan membangun Puskesmas yang megah di Wasuponda.

"Saya mewakili masyarakat mengucapkan syukur dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Inco atas sumbangannya ini. Dengan keberadaan puskesmas ini maka saya mengimbau warga agar tidak lagi selalu merujuk ke rumah sakit PT Inco, tapi bagaimana memanfaatkan seoptimal mungkin puskesmas ini," ucapnya.

Menurut Direktur External Relations PT Inco, Edi Permadi, pembangunan Puskesmas Wasuponda ini merupakan komitmen PT Inco dalam mendukung program pemerintah di bidang pelayanan kesehatan.

"Mudah-mudahan puskesmas ini dapat berkontribusi maksimal untuk pelayanan masyarakat dan dipelihara dengan baik sehingga menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan secara terpadu, utuh dan berkelanjutan," ujarnya.

Hadir dalam peresmian Puskesmas Wasuponda, jajaran Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Direktur External Relations PT Inco, Edi Permadi, para tokoh masyarakat dan agama serta masyarakat Wasuponda.

Peresmian dengan penandatangan prasasti Puskesmas Wasuponda oleh Bupati Andi Hatta Marakarma, Edi Permadi mewakili PT Inco dan Thomas Lasampa mewakili masyarakat.

Tidak ada komentar: